NAMA : MUHAMMAD ANUGRAH SEMPURNA                                     NIM : 106117003                                         PRODI : ILMU KOMUNIKASI                    DOSEN : Dr. Adde Oriza Rio,M.Si   Atiqa Khaneef Harahap,S.I.Kom,M.Si TAKE HOME EXAM PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI1. A.

Yang saya ketahui tentang tujuh konteks komunikasi antara lain ialah a. Komunikasi Intrapersonal yaitu kita melakukan interaksi atau berkomunikasi dan komunikasi itu akan kembali kepada diri kita sendiri yang merasakannya dan cara kita memahami komunikasi intrapersonal adalah kita harus mengerti apa yang ada diri kita dan apa yang sedang dipikirkan oleh orang lain mengenai diri kita sendiri, tetapi komunikasi intrapersonal lebih mengarahkan kepada objek atau lebih sering yang terlibat adalah diri kita sendiri seperti hal nya kita sedang berdoa, dan berfikir secara diri sendiri dan yang akan merasakannya adalah kita sendiri, pemahaman ini akan terus berubah sebagaimana perkembangan diri kita sendiri. b. Komunikasi Interpersonal ialah komunikasi satu orang kepada orang lain yang berkelanjutan seccara terus menerus dan harus memahami satu sama lain dalam berbagai interaksi yang dibutuhkan manusia untuk mendapatkan sebuah infirmasi yang tentunya akan berguna baik untuk yang bertanya maupun yang menjawab.c. Komunikasi Kelompok adalah kelompok komunikasi yang terdiri dari berbagai macam kelompok dan terdiri dari minimal dua orang atau lebih dan interaksi itu memiliki tujuan yang akan diketahui oleh para anggotanya dalam setiap interaksi yang ada dikelompok itu yang memiliki sifat terbuka maupun tertutup sesuai apa yang akan direncanakan oleh berbagai kelompok itu seperti contohnya ialah rapat, bermusyawarah, kelompok belajar, dan berbagai macam kelomok lainnya.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

d. Komunikasi Organisasi adalah kelompok yang didalamnya berisi sekumpulan orang yang sedang dalam organisasi tertentu yang memiliki tujuan tertentu, organisasi juga memiliki berbagai cara untuk menyatukan berbagai kalangan masyarakat dengan cara nya sendiri. e.

Komunikasi Publik adalah komunikasi yang dilakukan oleh komunikator professional yang disampaikan kepada kalangan masyarakat secara besar ( Publik ) yang berisi gagasan, ide, tujuan seseorang untuk menyampaikan pesan tertentu, lalu komunikasi public juga sedikit memiliki persamaan dengan Komunikasi massa yang tujuannya menyampaikan pesan kepada masyakrakat banyak. f. Komunikasi antar budaya adalah komunikasi yang berasal dari satu budaya tertentu yang memiliki perbedaan cara masyarakat seperti ras, suku, agama, khas, karya seni dan laiinnya. Komunikasi antar budaya juga menjadi salah satu untuk memajukan perkembangan seseorang maupun sebuah budaya tertentu yang akan dilakukan oleh masyarakat yang ada di dalam kebudayaan tertentu.

g. Komunikasi Massa adalah proses komunikasi yang dilakukan terutama dari media massa kepada masyarakat banyak untuk menyampaikan suatu pesan yang menunjukan suatu budaya tertentu dan dilakukan oleh suatu media, dari komunikasi massa ini berbagai orang mendaoat pengetahuan yang berguna dan salah satunya berasal dari televisi, Koran, dan sekarang perkembangan teknologi untuk media massa sudah sangat sukses seperti Koran Online, Line Today, dan berbagai media massa yang ada di internet lainnya. B. Karakteristik dari tujuh konteks komunikasi yang saya ketahui adalaha.

Karakteristik Komunikasi Intrapersonal adalah komunikasi yang dilakukan oleh sesorang dan dampaknya akan kembali kepada orang tersebut dan seorang diri manusia yang dibentuk berdasarkan komunikasi yang selama ini dia lakukan dan dia kembangan kepada orang lain tetapi feedback nya akan dia rasakan sendri.b. Karakteristik Komunikasi Interpersonal adalah komunikasi yang kita mulai dari diri kita sendiri untuk mendapatkan berbagai informasi yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya yang bersifsat interaksi atau transaksional untuk kita mendapatkan berbagai macam info atau barang dari orang lain dimana kedua nya saling berbicara satu sama lain c. Karakteristik Komunikasi Kelompok adalah cara seseorang yang ada di dalam kelompok untuk ber interaksi secara dialog, srikular, dan memiliki keanggotaan yang minimal dua orang atau lebih, Karakteristik komunikasi kelompok ada kelompok besar dan kelompok kecil. d. Karakteristik Komunikasi Organisasi adalah suatu interaksi yang dalam keorganisasian tertentu yang melibatkan interaksi secara internal maupun eksternal lalu untuk bertujuan mendapatkan pesan, informasi, tujuan dari suatu keorganisasian tertentu.e.

Karakteristik Komunikasi Publik adalah kuminikasi yang bersifat umum untuk menyampaikan suatu pesan kepada masyarakat banyak dan itu pun bersifat satu arah dan tidak ada arus balik dari komunikasi publik itu. f. Karaktersitik Komunikasi Antar Budaya adalah yang dilakukan satu budaya tertentu untuk melakukan interkasi kepada budaya lain yang bersifat terbuka dan tujuannya untuk saling mendaoatkan keuntungan yang  berasal satu budaya dengan budaya laiinnya. g. Karaktersitik Komunikasi Massa adalah pesan yang ditujukan kepada orang banyak, dan memiliki sifat tetap atau berkala dan selalu ada pembaruan disetiap hari maupun perminggunya. 2. a.

Pengertian Budaya ialah budaya adalah salah satu ciri khas yang dimiliki kebudayaan tertentu khususnya seperti ras, agama, ciri khas, karya seni, cara masyarakat itu yang membedakan budaya satu dengan lainnya adalah seperti kita memiliki ke anehan dan dikethui oleh berbagai kalangan masyarakat dari berbagai budaya lain dan budaya adalah salah satu tempat seseorang maupun anggotanya untuk berkembang dan budaya tidak berasal dari satu generasi melainkan berasal dari generasi yang sebelumnya seperti 1000 tahun sebelumnya maupun bisa beribu-ribu tahun sebelumnya, budaya juga bersifat menyeluruh, kompleks, dan abstrak. Tidak semua orang memiliki budaya yang khas, hanya berbagai orang atau sekelompok orang saja yang memiliki kebudayaan yang istimewa berasal dari nenek moyang mereka yang telah ada sebelumnya dan diwariskan kepada generasi yang akan datang, seperti contohnya Indonesia memiliki budaya yang diwariskan nenek moyang seperti karya seni membatik, bentuk rumah, makanan, yang sekarang masih ada hingga generasi yang akan datang tetapi kita harus menjaga dan melestarikan budaya yang dibawa oleh nenek moyang kita supaya kita dikenal memiliki banyak ciri khas yang tidak dimiliki maupun akan disamakan oleh negara lain. Tetapi di pelosok negeri ada juga budaya yang masih belum mendapatkan kemajuan zaman seperti mereka masih memanfaatkan hasil yang berasal dari alam dan digunakan untuk keperluan mereka sehari-hari dan juga ada beberapa budaya yang masi tinggal didalam goa yang jauh dari kata modern.  b. Hubungan Antara Budaya dan Koomunikasi adalah budaya tentu memerlukan komunikasi sebagai cara berinterasi kepada orang lain maupun budaya lain yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah informasi dan berguna untuk keperluan budaya tersebut, komunikasi menjadi salah satu hal penting dalam sebuah budaya agar satu budaya mengerti apa yang budaya lain lakukan, dan yang terpenting budaya memiliki cara berkomunikasi yang berbeda-beda seperti budaya yang berasal dari jawa, papua, sumatera dan lain nya. Tetapi walaupun berasal dari berbagai daerah dan memiliki bahasa yang berbeda-beda tetap kita menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang wajib digunakan oleh semua orang sebagai cara berinteraksi untuk orang yang tidak mengerti bahasa daerah seseorang. Dan kesimpulannya adalah budaya wajib menggunakan komunikasi sebagai bahasa sehari-hari untuk saling berinterkasi satu sama lain dengan budaya lain untuk mendapatkan informasi atau saling berhubungan satu orang ke budaya lain maupun budaya satu ke budaya yang lainnya.

  c. Cara kita menanggapi perbedaan budaya lain dalam berkomunikasi adalah kita pertama harus mengetahui apa tujuan orang yang akan berinteraksi kepada kita, dan kita juga harus saling memberi pengertian kepada orang yang memiliki budaya yang berbeda dengan kita agar tidak ada salah paham antara berbagai macam masyarakat yang ada, lalu kita juga harus memahami seperti apa cara orang itu atau seperti apa sifar orang itu kepada kita, tetapi sebelumnya harus ada interkasi terlebih dahulu agar mempermudah cara kita berkomunikasi kepada orang lain agar mudah mendapatkan informasi atau tujuan orang yang akan berinterkasi sama kita dan cara kita merespon budaya lain juga seperti kita merespon orang lain, hal yang terpenting adalah kita harus memahami dulu sifat kebudayaan tertentu dalam berkomunikasi secara  satu sama lain maupun dengan orang banyak, contohnya adalah : satu orang yang berasal dari budaya yang berasal dari luar negeri ( Barat ) yang pengaruhnya masuk ke Indonesia yang membuat orang Indonesia terpengaruh, kita harus memberikan penjelasan yang efektif dengan cara berkomunikasi agar orang tidak terlalu dalam masuk ke budaya luar dan kita juga harus berinterkasi dengan orang luar agar budaya mereka tidak semuanya mempengaruhi budaya lokal.3. a. Apa yang dimaksud dengan teknologi? Teknologi adalah sebuah perkembangan zaman yang terus menerus dikembangkan agar mempermudah kehidupan seseorang dan memiliki keunggulan tertentu agar kita mudah memgunakannya dan agar kita mudah memahami cara operasi sebuah teknologi tertentu, dan teknologi adalah sebuah alat, mesin, yang proses pengerjaan nya tidak memerlukan manusia dan manusia ditugaskan hanya untuk memprogram sebuah teknologi tertentu atau untuk memperbaiki sebuah alat yang mengalami keruskaan.

Jadi sebagai kesimpulan teknologi adalah suatu alat yang dipergunakan untuk keuntungan atau kemudahan manusia menjalani kehidupan mereka dan untuk membantu berbagai macam transaksi, interkasi. Khususnya untuk manusia yang memiliki kebutuhan khusus dan memerlukan alat untuk membantunya, seperti contoh manusia tentu memerlukan Handphone agar terus berkembang dan berinterkasi secara jarak jauh untuk mendapatkan informasi dari orang lain, tetapi jika Handphone yang digunakan manusia itu tidak berkembang atau ketinggalan perkembangan teknologi tentu akan mempengaruhi manusia itu sendiri baik secara psikologis maupun perubahan perilaku manusia dan disitulah peran teknologi yang berkembang agar kehidupan manusia juga akan berkembang selanjutnya. b. Apakah teknologi komunikasi memiliki keunikan sendiri? Tentu ada, karena teknologi komunikasi saat ini banyak dicari sama orang karena perkembangannya yang membantu kehidupan orang agar mendapatkan informasi dan jauh lebih mudah mendapatkan sesuatu yang akan di ingin kan nya, dan salah satu contoh teknologi komunikasi yang menjadikan nya unik adalah seperti Handphone, radio yang setiap tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Dan teknologi komunikasi juga berpengaruh kepada berbagai macam teknologi yang ada lainnya, tentu akan membantu juga berbagai teknologi yang membuat teknologi tterus berkembang setiap tahunnya.

Teknologi komunikasi juga bisa bekerja sama dengan orang orang yang cukup berpengalaman dalam membuat teknologi yang berkembang, mungkin nanti nya secara tidak langsung kita bisa membuka pintu rumah hanya dengan sensor orang yang berbicara dengan kata ” BUKA ” ataupun nantinya mungkin ada teknlogi yang ada mengenai robot yang bisa secara langsung berinteraksi dengan manusia seperti hal nya manusia dengan manusia setiap harinya, dan tidak heran jika teknologi komunikasi meruakan teknologi yang simple, unik, bermanfaat bagi semua orang baik orang biasa maupun orang yang mengusasi tentang teknologi berkembang lainnya.  c. Opini yang untuk dihadapi oleh masyarakat kontemporer dari perkembangan teknologi komunikasi adalah kita sebagai masyarakat yang termasuk generasi milenial tentu menggunakan tekonologi komunikasi yang berkembang pada zaman sekarang ini dan zaman yang akan datag, kita harus cermat menggunakannya agar tidak terus menerus dipengaruhi oleh teknologi. Tetapi peluang yang akan kita dapatkan sepertinya dari perkembangan teknologi komunikasi ini adalah kita mudah memahami satu sama lain dari berbagai budaya lain dengan mengakses berbagai kemudahan yang berasal dari teknologi tersebut, dan tantangan nya adalah kita perlu mengetahui apa yang akan datang pada generasi selanjutnya baik dampak positif maupun dampak negatif yang akan ditimbulkan dari teknologi komunikasi ini agar tidak terlalu terpengaruh kita tentu perlu terus berosislisasi dengan pakar teknologi atau yang menguasai perkembangan teknologi yang ada, mungkin di generasi yang akan datang nanti kita tidak perlu capek capek datang kesekolah untuk belajar kita cukup menggunakan teknologi komunikasi yang ada seperti video call group yang sekarang sudah ada di zaman ini, dan kita tinggal berinterkasi secara tidak langsung lewat handphone kepada teman teman dan guru yang akan mengajar nanti. Dan tantangan untuk anak anak yang sekarang lebih sering menggunakan handphone setiap hari nya tentu akan berpengaruh kepada mental, sifat, karakter anak itu sendiri mungkin nanti nya anak tidak akan tau bagaimana cara bermain yang ada diluar rumah dan lebih mementingkan handphone dari pada kehidupan masyarakat luas. Kesimpulannya adalah kita perlu bersosialisasi untuk mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya aoda perkembangan zaman selanjutnya.

Dan kita perlu mempersiapkan diri nanti mulai dari anak sampai orang dewasa agar tidak terlalu mengikuti zaman teknologi yang ada.