Transportasi merupakan suatualat yang digunakan untuk memindahkan barang atau manusia dari satu tempat ke tempatlainnya. Transportasi memiliki peran penting bagi kehidupan manusia apalagi diera modern ini, dimana setiap orang semakin tinggi aktivitasnya menuntutmobilisasi yang efisien. Transportasi dibagi menjadi dua yaitu, bersifatpribadi dan umum. Saat ini, transportasi umum pun beragam mulai daritransportasi umum konvensional sampai transportasi umum online. Di Indonesiasendiri, transportasi online sudah ada sejak tahun 2015. Adanya transportasi umumonline ini menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat. Bahkan hal inimenimbulkan reaksi keras dari para supir transportasi umum konvensional.

Ditemukan blokade terhadap supir transportasi online yang dilakukan oleh supirtransportasi umum. Dalam esai ini Saya akan membahas lebih dalam mengenai prodan kontra dari pemberian izin transportasi online. Setelah mengetahui apa sajapro dan kontra dari  pemberian izintransportasi online akan muncul pertanyaan mengenai apakah pemberian izintransportasi online ini merupakan langkah yang tepat atau justru sebaliknya.Bagi pengguna transportasiumum, kemunculan transportasi umum dinilai sangat menguntungkan. Ada beberapaalasan yang mendasari pendapat ini. Pertama, tarif yang dikenakan relatif lebihrendah dan transparan. Karena estimasi tarif yang harus dibayar sudah terteradi aplikasi pada saat kita memesan maka, kita sebagai konsumen akan terhindardari kecurangan driver, seperti dalamtransportasi umum konvensional dimana supir dapat memainkan tarif.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

Kedua,kendaraan umum online lebih nyaman. Konsumen menjadi prioritas transportasionline, contohnya dengan menyediakan masker, jas hujan, dan helm. Ketiga, lebihaman. Pengguna bisa melihat data pengemudi saat memesan bahkan, terdapat fotopengemudi di aplikasi. Selain itu, transportasi online lebih praktis. Berbedadengan transportasi umum konvesional yang mengharuskan kita untuk berdiri dipinggir jalan atau pun mendatangi pangkalan, dengan transportasi umum onlinekita hanya perlu memesan lewat aplikasi dan driverakan menghampiri kita sesuai dengan pesanan kita di aplikasi tersebut.      Tidak hanya transportasi umumonline saja yang memberi keuntungan bagi penggunanya tetapi, transportasi umumkonvensional pun memberi keuntungan bagi kita.

Yang pertama, kita bisamenggunakan transportasi umum konvensional kapan saja, berbeda denganpenggunaan transportasi umum online yang harus melalui aplikasi dan terbatasoleh jaringan internet. Kedua, transportasi umum konvensional dapat mengangkutpenumpang lebih banyak sehingga lebih efektif dalam mengurangi kemacetan.Ketiga, penumpangan juga dapat memilih yang mana yang akan ditumpanginya, tidakseperti angkutan umum online, dimana pengemudi yang akan ditumpangi tidak dapatdipilih.

Selain itu, angkutan umum konvensional tidak memerlukan data pribadipenumpang, sehingga tidak ada kasus penyalahgunaan data pribadi penumpangseperti yang terjadi pada penggunaan transportasi umum berbasis online. Salahsatu kasusnya adalah yang tertulis di laman Kompas. Seseorang yang mengakusebagai pengemudi transportasi online yang pernah ditumpangi korban,mengirimkan pesan lewat Whatsapp yang isinya memprotes korban karenamenggunakan promo. Tidak hanya itu, korban juga mendapatkan pelecehan seksualdari orang tersebut. 1Kedua transportasi umum inimemiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seiring dengan perkembanganzaman, mobilitas masyarakat semakin tinggi. Adanya transportasi online,menjawab kebutuhan masyarakat akan transportasi umum yang selama ini tidakdapat dipenuhi oleh transportasi umum konvensional. Berangkat dari hal inipemberian izin kepada transportasi online menuai banyak dukungan darimasyarakat.

Saya melihat pemberian izin terhadap transportasi online sebagailangkah yang baik. Karena Saya, transportasi online merupakan suatu produk yanglogis dari perkembangan teknologi informasi dengan menawarkan pelayanan yanglebih baik, harga yang relatif murah, praktis dalam pemesanan, dan lebihsedikit memakan waktu. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa beberapa kalangan dimasyarakat juga merasa dirugikan dengan pemberian izin kepada transportasionline ini. Sebut saja para pengemudi transportasi umum konvensional. Adanyatransportasi online berdampak terhadap menurunnya penghasilan para supirtransportasi umum konvensional. Karena keunggulan yang dimiliki transportasionline, masyarakat pun mulai meninggalkan transportasi konvensional. Hal inisangat wajar terjadi, maka dari itu perlu ditinjau kembali untuk mencari solusiyang tepat dari permaslahan ini. Apa yang harus dilakukan agar ada kesetaraansehingga meminimalisir kerugian dari masing-masing pihak.

    Menurut Saya, ada beberapacara yang dapat dilakukan. Pertama, pemerintah harus berani untuk meningkatkaninvestasinya dalam memperbaiki fasilitas kendaraan umum konvensional. Kedua, pemerintahbaiknya memberlakukan aturan yang sama antara transportasi umum konvensionaldan transportasi umum online. Selain itu, pengadaan uji KIR bagi transportasionline seperti yang diberlakukan kepada transportasi konvensional jugadiperlukan dalam rangka mewujudkan keadilan dan kesetaraan di antara keduanya.

Itulah beberapa solusi yangmenurut Saya dapat mengurangi kontroversi dari pemberian izin transportasiberbasis online. Pemerintah harus mengambil jalan tengah agar tidak ada pihakyang merasa dirugikan.